Mari kita jelajahi negara tetangga yang kecil-kecil cabe rawit ini. Ga nekad memang benar-benar ga berangkat lho. Yang jelas kalau kesana siapkan duit (bagi yang pengen belanja) dan siapkan kaki (bagi yang mau jalan-jalan saja, sepertu gua!!).
Day 1
Hari Jum’at kita berangkat setelah pulang kantor (yah ijin
beberapa jam sebelum jam pulang sih) soalnya pesawat kita berdua boarding jam 5-an
lebih. Yah kenyataannya sih jam 6 sore (WIB) an berangkat dan sampai Singapura sekitar
jam 9-an malam yah…keluar dari Imigrasi sekitar jam 10 malam (setelah
sebelumnya dengan begonia kita ikut antrian deretan orang-orang yang transit
pesawat. Hahahhaa…maklum kan aku baru pertama ke luar negeri).
Setelah berhasil keluar dari Imigrasi…kita berhenti dan
tengak-tengok akan naik apa ke penginapan. Awalnya sih berencana naik taksi,
tapi setelah liat harga..kita mengurungkan niat naik taksi dan jadinya naik MRT
(lebih murah jauh banget cuyyy… walaupun harus seperti orang udik baru ke kota
buat cari cara naik ini MRT).
Setelah berhasil naik MRT dan turun di stasiun Farrer Park
menuju Kitchener Road. Dan lagi-lagi kita bengong mau kearah mana untuk ke
hotel. Secara kita ga bisa buka google, dan itu sudah jam setengah 12 malam.
Kita hanya terdiam di depan stasiun, dan akhirnya kita memutuskan kearah kanan.
Beruntungnya kita ketemu mas-mas India dan kita nanya deh ke orang itu. Dan
ternyata penginapannya deket banget cuy.
Day 2
Hari kedua, dengan berbekal wi-fi hotel kita searching
tempat-tempat yang memang kita pengen kunjungi. Dan di hari kedua ini kita memutuskan
untuk ke Merlion Park naik MRT. Karena semalam kita membeli tiket MRT yang
sekali jalan, untuk hari ini kita memutuskan membeli EZ-link sekaligus isi
ulangnya. Harga kartu EZ-link adalah S$ 12 dengan isi S$ 7 dan kita sekalian
top-up S$ 10.
![]() |
| Keluar dari stasiun Raffles Place exit B maka akan menemukan pemandangan ini |
Dari stasiun Farrer Park kita naik MRT kearah stasiun Dhoby
Ghaut lalu oper ke jalur merah kearah Raffles Place (arah Marina South Pier)
dan keluar di exit B. Dari situ cari jalan kea rah tepian sungai melewati Hotel
Fullerton, setelah melihat ada jalan besar kita tinggal nyebrang, sampai deh di
Merlion.
Sehabis dari Merlion Park, kita lanjut lagi ke Sentosa
Island, masih setia dengan MRT. Kita naik di stasiun Raffles Place ambil jalur
hijau kearah stasiun Outram Park, lalu oper jalur ungu kearah stasiun
Harbourfront. Dari situ kita langsung masuk Mall Vivo City untuk menentukan mau
naik apa ke Sentosa Island. Karena kita orang kere, jadi kita memutuskan jalan
kaki saja (jangan diulang kalua eskalatornya mati, karena beneran gempor lho).
Setelah selesai muterin (ga semuanya, Cuma seuplek) dari
Sentosa Island ini, kita memutuskan untuk balik penginapan buat Sholat, setelah
mampir ke Giant buat beli buah-buahan dan air (maklum, teman seperjalanan aga
pemilih buat makanan).
![]() |
| Supertree Gardens by The Bay |
Setelah Sholat, mengistirahatkan kaki dan badan serta
menyegarkan badan dengan mandi, kita lanjut bertualang jam 4-an sore. Tujuan
kita kali ini adalah Gardens by The Bay. Kita masih setia dengan MRT, karena
itu lebih gampang sih. Dari stasiun Farrer Park kita ke stasiun Little India
buat transit ke jalur biru yang menuju stasiun Bayfront. Dari situ tinggal liat
penunjuk arah ke Gardens by The Bay..udah nyampe deh.
![]() |
| Cloud Forest Gardens by The Bay |
Ke Gardens by The Bay ga lengkap kalau belum ke Cloud Forest
dan Flower Dome. Ke Gardens by The Bay itu sih gratis, tapi ke Cloud Forest dan
Flower Dome ada biayanya, kalua ga salah sih S$ 28 (lupa..). Kita disitu sampai
malam hari, jadi sempat liat pertunjukan music dan lampunya ituh.
Hari kedua cukup kesitu saja, karena balik ke penginapan
saja sudah jam 10 malam, dan kita sudah gempor.
![]() |
| Supertree waktu malam hari |
Day 3
Hari ketiga…kita memutuskan pagi-pagi banget ke Mustafa
Center buat belanja oleh-oleh. Sekalian siap-siap packing dikit, soalnya besok
subuh-subuh harus langsung cuss (flight jam 8 pagi sih.). Kita belanja ga perlu
lama-lama, cukup 3-4 jam. Hahaha…
Sorenya kita sudah malas-malasan saja keluar. Tapi sehabis
sholat maghrib kita memutuskan pergi ke Marina Bay untuk liat light and water
show nya. Karena waktunya mepet buat ngejar show nya, akhirnya kita nge-grab
deh, dan turun di Casino nya Marina Bay. Untung saja kita ga ketinggalan water
show-nya. Baliknya sih tetap setia dengan MRT ya menuju penginapan.

Di dalam mall-nya Marina Bay
Day 4

Day 4
Jam 3-an bangun dan siap-siap ke bandara naik
Grab (soalnya di luar masih gelap sih). Dan kita sampai di bandara jam setengah
6 pagi. Akhirnya muter-muter bandara dulu deh.
~ ~ S E E Y O U I N T H E N E X T T R I P ~ ~








No comments:
Post a Comment